Persiapkan Dirimu Untuk Menjemput Kesuksesan

Semua orang mengharapkan kesuksesan dalam hidupnya apapun persepsinya tentang kesuksesan itu. Ada yang menganggap bahwa kesuksesan itu bersifat materi; harta berlimpah, rumah yang megah, wanita yang indah menawan, uang banyak, status sosial mentereng, jabatan tinggi, popularitas, dan lainnya. Itu sah-sah saja, asalkan ditempuh dengan cara halal dan baik.  Hanya saja kesuksesan itu tidak datang begitu saja. Ia bagaikan gadis cantik jelita yang dipingit oleh orang tuanya yang  tidak akan diberikan kepada sembarang orang. Dan untuk mendapatkan gadis cantik tersebut tentunya tidak mudah, Ada beberapa syarat yang harus dimilikinya.  Begitu juga halnya dengan kesuksesan. Untuk itu persiapkan dirimu untuk menjemput kesuksesan tersebut. Berikut ini beberapa kiat menjemput kesuksesan :

Pertama, yakinilah bahwa diri kita layak dan mampu untuk mendapatkan kesuksesan itu. Karena jika kita tidak memiliki keyakinan kelayakan dan kemampuan diri untuk menggapainya, mustahil kita akan berusaha untuk mendapatkannya. Katakan pada dirimu bahwa aku bisa dan layak untuk mendapatkan kesuksesan itu. Keyakinan inilah yang akan memberikan motivasi dan spirit dalam diri kita untuk senantiasa tabah dalam menghadapi berbagai rintangan apapun dalam upaya untuk menggapainya.

Kedua, Siapkan dirimu dengan bekal yang cukup untuk mendapatkannya. Persiapan diri merupakan hal yang mutlak untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Karenanya curahkan waktu untuk menambah kualitas diri sehingga  jika kesempatan itu datang, anda akan benar-benar dapat mencetak kesuksesan tersebut. Dan bekal yang harus disiapkan yaitu ketakwaan (karakter positif), ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dan ketrampilan yang mumpuni atau skill yang expert. Berupayalah untuk selalu menambah wawasan dan keahlian dalam bidang yang anda geluti. Jadilah orang yang ahli di bidangnya. Dan ketakwaan kepada Allah merupakan bekal yang paling utama.

Ketiga, Manfaatkan waktumu untuk aktifitas produktif yang mendukung pencapaian target kesuksesanmu. Jangan biarkan waktu terbuang sia-sia. Karenanya diperlukan penempatan skala prioritas dalam bekerja setiap hari. Usahakan semua aktifitas fokus pada pencapaian target-target yang telah ditetapkan pada skala prioritas tadi. Sesuatu yang paling penting tidak akan sama nilainya dengan sesuatu yang penting apalagi tidak penting. Pasti ada waktu untuk mengerjakan sesuatu yang paling penting. Tapi kalau kita menganggap sesuatu tidak penting, maka pasti tidak ada waktu untuk mengerjakannya.

Keempat, Paculah semangat anda untuk mencapai kesuksesan tersebut. Hindari keputusasaan, negatif thinking dan kemalasan. Cari tokoh yang anda kagumi, pelajari bagaimana dia menjadi ahli dan sukses di bidangnya, sehingga dengan demikian akan senantiasa tetap bersemangat. Bergaullah dengan orang-orang yang berpikiran positif, dan orang-orang yang sudah sukses dalam bidang-bidang tertentu untuk mendapatkan bimbingan, nasehat dan motivasi darinya.

Kelima, Jangan merasa cepat puas dalam meningkatkan kualitas diri, satu level dapat diselesaikan, cari level berikutnya, satu tingkatatan dapat dilaluinya, kejar tingkatan berikutnya dan begitu selanjutnya. Dalam masalah belajar dan peningkatan kualitas diri, kita dianjurkan untuk tidak boleh merasa puas. Namun kita harus terus mencari dan menemukan hal-hal yang baru.

Keenam, milikilah komitmen dan kemampuan yang kuat untuk menambah kualitas diri, sehingga dengan demikian anda akan terus berusaha memperbaiki kesalahan dan kelemahan diri anda. Karena kita pasti mempunyai kelemahan-kelemahan diri, dengan komitmen yang kuat untuk maju, berubah dan meningkatkan kualitas diri kita, maka apapun yang terjadi, kita bisa mengatasinya dengan baik. Tanpa komitmen yang  kuat, maka kita akan cepat putus asa dan frustasi.

Kesuksesan dapat kita capai dengan mudah, jika kita sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Setiap kesempatan baik tidak akan berarti apapun jika kita tidak mempersiapkan diri sebelumnya. Segeralah lakukan persiapan mulai sekarang untuk menjemput kesuksesanmu di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan