Membangun fundamental Kesuksesan

Era sekarang ini adalah era cepat. Semua orang menginginkan serba cepat, serba ada. Karenanya banyak toserba yang menyediakan segala hal yang dibutuhkan sehingga konsumen tidak perlu pergi ke tempat lain untuk berbelanja. Layanan jasa yang cepat dan murah menjadi laris manis, seperti gojek, gofood, grabcar dan lainnya. Semuanya mengharapkan cepat, instan. Namun demikian, gaya hidup seperti ini tidak bisa diterapkan ketika orang menghendaki kesuksesan. Kesuksesan tidak dibangun dengan instan, tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja. Kesuksesan harus direncanakan dan dibangun dengan melaksanakan proses panjang dengan memperhatikan pondasi-pondasinya yang kuat agar tidak gampang tergoyahkan. Ya, Kesuksesan memiliki fundamental yang harus dibangun satu persatu. Semua orang sukses konsisten dalam membangun fundamental-fundamental tersebut. Berikut beberapa hal mendasar yang harus kita laksanakan dari hari ke hari menuju kesuksesan kita ”

Pertama, mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri adalah langkah pertama dan mendasar untuk meraih kesuksesan. Dengan mengenal diri sendiri kita akan mampu mengukur seberapa besar kekuatan dan kekurangan yang kita miliki. Kemudian kita akan mampu meningkatkan kekuatan kita dalam menghadapi tantangan ke depan dan memperbaiki kekurangan-kekurangannya. Karenanya, kekuatan kita akan lebih efektif 10 kali lipat dari sebelumnya bila kita menggunakannya semaksimal mungkin. Untuk itu buatlah list yang detail tentang kekuatan dan kekurangan kita masing-masing. Kemudian buatlah langkah-langkah untuk menguatkan kekuatan tersebut, dan langkah-langkah untuk mengurangi kelemahannya. Setelah itu kerjakanlah semaksimal mungkin dan ujilah dengan melakukan refleksi dan evaluasi baik harian, mingguan dan bulanan. Apa yang sudah kita lakukan untuk menguatkan potensi kita hari ini, minggu ini atau bulan ini.

Kedua, menentukan target, karena target yang jelas merupakan kekuatan yang akan mengarahkan semua tindakan kita  semakin mendekati kesuksesan. Kita dapat menuliskan target-target tersebut baik jangka pendek satu tahun, jangka menengah dan jangka panjang. Dari target-target tahunan  tersebut dibreakdown lagi menjadi target bulanan, mingguan dan harian. Dengan demikian, kita akan dengan mudah menggapai apa yang kita cita-citakan dari sekarang. Karena apa yang kita lakukan sekarang adalah sama dengan menggapai kesuksesan di masa yang akan datang. Untuk itu diperlukan diary  atau buku harian untuk mengetahui capaian apa yang sudah kita lakukan hari ini. Saya teringat guru saya Ust. Husein al-Habsyi, yang selalu menyarankan untuk menulis kegiatan harian yang kita lakukan. Jika apa yang kita lakukan baik, maka kita bersyukur kepada Allah dan jika apa yang kita lakukan kurang baik maka kita beristighfar kepadaNya pula.

Ketiga, menekuni bidang yang kita miliki. Mengembangkan bidang yang kita tekuni akan dapat membuka banyak kesempatan untuk sukses. Karena dengan menekuni salah satu bidang yang kita tekuni otomatis kita akan menjadi ahli dan ekspert. Dengan demikian kita benyak memiliki wawasan dan pengalaman di bidang tersebut. Dengan banyak wawasan dan pengalaman, kita akan mudah  menyelesaikan banyak permasalahan dan mempermudah mendapatkan kunci-kunci keberhasilan dan kesuksesan. Menekuni bidang tertentu tentunya harus didasari oleh kecintaan dan kesukaan pada bidang tersebut. Karenanya cinta pada pekerjaan sangat penting untuk mendapatkan ketekunan dalam bekerja. Tanpa kecintaan pada pekerjaan tersebut mustahil kita bisa enjoy, sabar dalam bekerja. Untuk diperlukan fokus terhadap satu pekerjaan. Jika seseorang menangani banyak pekerjaan secara otomatis perhatian, pemikiran dan usahanya juga akan terpecah, sehingga akan mengurangi capaian-capaiannya.

Keempat, kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Kita menyadari bahwa kita tidak mungkin melakukan pekerjaan sendirian. Karenanya kita sangat membutuhkan orang lain dalam bekerja. Semakin luas cakupannya maka semakin besar kebutuhan kita kepada orang lain. Agar supaya terjadi kerja sama team yang solid maka diperlukan suatu organisasi dan aturan organisasi yang baik. sehingga semua bekerja sesuai dengan jobdiscnya. Selain dari itu diperlukan pola komunikasi, pembimbingan dan pembinaan yang intens. Sehingga aka terbangun budaya kerja team yang solid, akrab dan efektif.

Kelima, tawakkal dan pasrah kepada Allah swt serta berdoa kepadaNya. Setelah melakukan usaha maksimal, tugas kita adalah menyerahkan urusan kita kepada Allah swt. Tawakkal, pasrah, yakin dan doa kepada Allah adalah kata kunci setiap kesuksesan. Dengan demikian kita akan senantiasa terhubung dengan Dzat yang Maha Kasih dan Maha Sayang, Dzat Yang Maha Besar sehingga kita tidak akan merasa putus asa dan patah semangat karena kita bersama Allah swt. Dan juga kita akan terhindar dari stress yang berlebihan karena pekerjaan. Sehingga kita akan tetap bahagia dalam bekerja. Semoga lima hal fundamental kesuksesan ini dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ingat kesuksesan bukan keajaiban dan instan, tapi merupakan proses panjang yang harus disiapkan dan dijemput. wallahu a’lam.

 

Tinggalkan Balasan